Kamis, 29 November 2007

BAB III (B.Indonesia)

ALAT-ALAT TEKNOLOGI DAN KOMUNIKASI

150 tahun yang lalu,orang mungkin akan terkejut jika mengetahui bahwa manusia dapat berkomunikasi dalam jarak yang jauh bahkan ribuan kilometer.Sekarang,kita menggunakan arus listrik dan gelombang elektromagnetik untuk mengrim dan menerima pesan seperti telepon,faxmail,radio,televisi dan komputer.Metode mengiri dan menerima pesan ini disebut telekomunikasi.Ilmuwan Amerika,ALEXANDER GRAHAM BELL,percaya bahwa aliran listrik dapat digunakan untuk membawa suara ke tempat yang sangat jauh,)(Suara yang bergetar di udara disebut gelombang bunyi.Gelombang bunyi berbeda dengan yang lain.Ada yang keras,lembut dan ada yang bergetar sangat cepat dari pada yang lain.Bunyi dapat merambat melalui sinyal arus listrik yang melewati kabel.Ketika berbicara menggunakan telepon,gelombang bunyi dari suara membuat suatu piringan diafragma yang bergetar sangat cepat.Diafragma menekan butiran karbon yang berada di belakang piringan ketika bergerak masuk dan akan saling menutup satu sama lainnya.)Arus listrik akan lebih mudah mengalir melewati karbon. Jika diafragma bergerak keluar, arus listrik mjd lebih lemah. Perubahannya sekitar 1000 per sekon.Ketika arus mengalir pada kabel, magnet listrik menekan diafragma di dalam daun telinga telepon penerima. Arus mjd kuat atau lemah dan diafragma bergerak mengembang atau mengempis membuat getaran udara yang menghasilkan gelombang bunyi yang dapat didengar.

2. RADIO
Radio adalah teknologi berupa pengiriman sinyal oleh modulasi gelombang elektromagnetik. Gelombang ini dapat merambat di udara dan ruang hampa udara.
Gelombang radio adakah suatu bentuk dari radiasi elektromagnetik yang terbentuk ketika materi bermuatan listrik dipercepat dengan menggunakan frekuensi yang terdapat dalam frekuensi radio (RF).
Gelombang elektromagnetik yang frekuensinya di atas gelombang radio adalah sinar gamma, sinar-x, inframerah, ultraviolet, dan cahaya tampak.
Marconi adalah penemu komunikasi radio pada tahun 1895. Setelah 7 tahun ditemukannya gelombang radio oleh Henrich Hertz.

3. TELEVISI
Televisi merupakan alat telekomunikasi yang berfungsi menangkap siaran bergambar. Televisi berasal dari kata tele(jauh) dan vision(tampak). Jadi, televisi berarti melihat dari jarak jauh. Penemuan televisi disamakan dengan radio karena bisa merubah peradaban dunia.
Dalam penemuan televisi terdapat banyak pihak yang terlibat, baik perorangan maupun badan usaha.

4. KOMPUTER
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah informasi, menyimpan, dan menghitung data. Pada awalnya, komputer menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, tanpa alat bantu. Akan tetapi, sekarang komputer digunakan untuk keperluan yang tidak berhubungan dengan aritmatika.

Cara Kerja Komputer
Perangkat komputer terbagi menjadi 2 bagian, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak.Perangkat keras adalah bagian yang membentuk satu perangkat
komputer seperti keyboard, monitor, mouse, printer, scanner, dan CD writer. Perangkat tsb berada di luar casing.
Perangkat lunak adalah sebuah instruksi ataupun program yang membuat komputer bekerja.

Penggunaan komputer dalam kehidupan sehari-hari
Contoh penggunaan komputer dalam kehidupan sehari-hari yaitu. mesin ATM

Tidak ada komentar: