RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : ……………………………
Mata
Pelajaran : Seni
Budaya dan Keterampilan
Kelas/Semester : V/II
Standar
kompetensi : Membuat karya kerajinan dan benda permainan
Waktu : 2 X 35 menit
Kompetensi
Dasar : Merancang
karya kerajinan makrame
A.
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat memahami apa yang dimaksud dengan
kerajinan makrame.
2. Siswa dapat mempelajari simpul-simpul
dasar pada kerajinan makrame.
3. Siswa dapat membuat kerajinan makrame
sederhana.
B.
Karakter siswa yang diharapkan :
Perhatian (respect), Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility) dan berani (courage).
C.
Materi Pokok : Makrame
D.
Proses Belajar :
v Kegiatan Awal :
Apersepsi
dan Motivasi :
Tanya
jawab tentang Materi pelajaran yang akan di pelajari
Mengajukan
pertanyaan tentang makrame
v Kegiatan Inti :
* Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru menerangkan tentang sejarah makrame
* Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru mencontohkan simpul-simpul sederhana dalam kerajinan makrame
* Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi guru membenarkan simpul-simpul yang salah pada kerajinannya.
v Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru : memberikan tugas rumah untuk siswa
E.
Metode / Sumber Belajar :
·
Metode : Tanya jawab,
penugasan, multi metode
·
Sumber Belajar : Print Out materi dari guru
F.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
·
Siswa dapat
memahami apa yang dimaksud dengan kerajinan makrame.
·
Siswa dapat mempelajari simpul-simpul dasar
pada kerajinan makrame.
·
Siswa dapat
membuat kerajinan makrame sederhana.
|
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Jawablah pertanyaan sesuai dengan
singkat dan jelas!
· Buatlah salah satu
kerajinan makrame sederhana yang bisa kamu buat!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
Surabaya, .......................
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mapel Seni budaya
........................................ ..................................
NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar